Rabu, 10 Desember 2014

MENGGAMBAR RANGKAIAN DENGAN PROTEL PCB DESIGN

assalammualaikum wr wb

       baiklah teman-teman kali ini saya akan berbagi ilmu membuat rangkaian pembangkit pulsa sederhana yang didukung oleh sebuah IC 555 dengan beberapa resistor dan kapasitor dengan menggunakan protel PSB, pada materi ini saya akan menempatkan footprint komponen secara manual. berikut caranya :
pertama Masuk ke software protel PCB, setelah protel PCB siap buka lembar baru caranya klik menu
FILE—NEW—maka akan muncul lembar kerja baru.
selanjutnya tempatkan footprint komponen pada lembar kerja adapun footprint komponen yang di gunakan adalah : 
. 1 DIP8 Untuk 555, . 4 AXIAL0.4 Untuk resistor, . 4 RB.2/4. Untuk kapasitor, . 1 VR2 untuk potensio, dan .1 SIP2 untuk dihubungkan keswitch.
Cara menempatkan footprint komponen adalah klik menu library—components—maka muncul kotak dialog browse library seperti gambar berikut :
Pilihlah footprint misalnya DIP8 kemudian klik place. Letakkan pada lembar kerja baru kira-kira seperti gambar berikut :
Ulangi cara tersebut untuk menempatkan footprint berikutnya, dan susunlah komponen kira-kira seperti gambar berikut :

Setelah semua komponen terpasang selanjutnya adalah menghubungkan setiap komponen 
     dan hubungkan semua komponen seperti gambar berikut.

Selanjutnya adalah cara bagaimana mengilangkan komponen, caranya klik menu options--pilih layers Maka akan muncul kotak dialog setup layers dan colors seperti dibawah ini, lalu klik icon Top pada kotak dialog.
Berikut tampilannya setelah kita menghilangkan komponen :
           
 untuk menebalkan kabel penghubung, klik  2 kali kabel tersebut  maka akan muncul kotak dialog seperti ini,  Lalu ubah ukuran kabel pada rangkaian ini saya menggunakan ukuran 30 :
            Jika ingin menebalkan semua ukuran kabel maka klik Global pada pojok sebelah kiri kotak.  Lalu centang icon seperti dibawah ini
                       
            Maka hasil nya adalah seperti :
                       
sekian penjelasan saya kali ini, apabila terdapatkesalahan saya mohon maaf. dan terimah kasih telah telah mengunjungi blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar