Senin, 16 Maret 2015

Latihan Soal Sistem Operasi

TUGAS SISTEM OPERASI


1. Sebutkan 2 Fungsi Utama Sistem Operasi?
    Jawab:

A. Sebagai Resource Manager /pengelola seluruh sumber daya sistem komputer
•   Mengatur dan mengefisienkan penggunaan seluruh sumber daya komputer (computer resources)
Tugas utamanya : memantau penggunaan semua resources, menerapkan aturan (policy), mengalokasikan resources yang diminta, mengambil kembali (dealokasi) resource
•   Sumber daya pada komputer terdiri dari :
Sumber daya fisik, misalnya : Keyboard, bar-code reader, mouse, joystick, light-pen, touch-screen, pointing devices, floppy disk drive, harddisk, tape drive, optical disk, CD ROM drive, CRT, LCD, printer, modem, ethernet card, PCMCIA, RAM, cache memory, register, kamera, sound card, radio, digitizer, scanner, plotter, dan sebagainya.
B. Sumber daya abstrak, terdiri dari : Data dan Program
•  Sebagai Extended Machine (Virtual Machine), penyedia layanan
•  Menyembunyikan kompleksitas / kerumitan pemrograman hardware dari programmer atau user.
Menyajikan fasilitas yang lebih mudah dan sederhana untuk menggunakan hardware.


2. Apa yang dimaksud dengan Multiprogramming?
    Berikan 2 alasan diadakannya multiprogramming!
    Jawab:

Multiprogramming adalah salah satu teknik penjadwalan dimana tugas yang sedang berjalan tetap berjalan sampai ia melakukan operasi yang membutuhkan waktu untuk menunggu respon dari luar (external event), misalnya membaca data dari disket/CD/dsb, atau sampai menukar tugas yang sedang berjalan dengan tugas lainnya atau
komputer melakukan banyak proses sekaligus pada waktu yang bersamaan dengan menerapkan partisi memori menjadi beberapa bagian memori dengan satu bagian memori untuk satu job berbeda.
Alasan diadakannya muliprogramming antara lain :
Mempermudah pemrogram sehingga dapat memecah program menjadi dua atau lebih
• Agar dapat memberi layanan interaktif ke beberapa orang secara simultan. Untuk itu diperlukan kemampuan mempunyai lebih dari satu proses dimemori agar memperoleh kinerja yang baik.


3. Apa yang dimaksud dengan Spooling?,
Apakah Anda menganggap personal komputer harus memiliki spooling sebagai standar dasar dimasa yang akan datang?
    Jawab:

SPOOLING (Simultaneous Peripheral Operation On Line), membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersamaan, dapat diakses secara simultan yaitu dengan cara menyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsung diterima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan berupa antrian kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani peripheral.
Ya, personal komputer harus memiliki SPOOLING agar  beberapa proses permintaan peripheral yang akan diterima dapat dijalankan dengan lebih cepat.


4. Pada awal perkembangan komputer,setiap byte data yang dibaca atau yang       ditulis ditangani oleh CPU (tidak ada DMA-Direct Memory Access).
    Apa implikasinya struktur seperti ini terhadap konsep multiprogramming?
Jawab :

Bila sistem tersebut digunakan untuk melayani konsep multiprogramming, maka akan membutuhkan waktu yang lama dalam pemrosesannya. Dengan tidak ada memory pembantu proses maka proses
pengaksesan data untuk diproses akan lama. Apalagi untuk kegiatan multiprogramming maka proses
tersebut akan semakin lebih lama lagi. Oleh karena itu komputer pada awal perkembangannya tidak mampu untuk mengakomodasi konsep multiprogramming.
Jadi implikasi dari tidak adanya DMA dalam pemrosesan komputer adalah pada waktu untuk
pengerjaan (pemrosesan) informasi.


5. Mengapa timesharing tidak tersebar luas pada generasi ke-2 komputer?
    Jawab :

Karena varian dari multiprogramming, dimana tiap pemakai mempunyai satu terminal on-line dengan pemroses hanya memberi layanan pada pemakai yang aktif secara bergantian dengan cepat. Pemakai akan merasa dilayani terus menerus, padahal sebenarnya digilir persatuan waktu yang cukup singkat.


6. Instruksi - instruksi manakah yang diperbolehkan dalam Mode Kernel :
    A. Disable all interupts
    B. Read the time-of-days clock
    C. Set the time-of-days clock
    D. Change the memory map
    Jawab :

Instruksi yang diperbolehkan dalam Mode Kernel adalah
A. Disable all interupts, dan
D. Change the memory map.

7. Sebutkan beberapa perbedaan sistem operasi pada personal komputer dengan sistem operasi pada mainframe ?
    Jawab :

1.     Dalam sistem operasi PC hanya mampu melayani satu user saja, sedangkan sistem operasi mainframe mampu untuk melayani banyak user.
2.     Pada sistem operasi PC biasanya memiliki user interfeace yang lebih menarik karena tujuan utamanya adalah member kemudahan kepada pengguna. Sedangkan sistem operasi mainframe biasanya hanya berupa barisan-barisan program saja tanpa adanya GUI yang memadai.
3.     Sistem operasi mainframe memiliki tingkat sekuritas yang jauh lebih baik daripada sistem operasi untuk komputer desktop.
4.     Sistem operasi mainframe memiliki kecepatan dan realibilitas kerja yang jauh lebih tinggi daripada sistem operasi personal komputer. Hal ini dikarenakan sistem operasi mainframe diharuskan untuk mampu menangani ratusan program aplikasi secara bersamaan. Serta sistem operasi mainframe harus mampu mengatur sejumlah pengaksesan dan penyimpanan ke basis data secara simultan. Sedangkan sistem operasi personal komputer biasanya hanya mampu menangani beberapa program saja untuk dijalankan secara bersamaan.


8. Bagaimana secara umum sistem operasi memberitahukan kepada direktori kerja apakah path
name untuk sebuah file adalah absolute atau relative ?
    Jawab :

Direktori adalah file, dimiliki sistem operasi dan dapat diakses dengan rutin-rutin di sistem operasi. Kebanyakan informasi berkaitan dengan penyimpan. Meski beberapa
informasi direktori tersedia bagi pemakai atau aplikasi, informasi itu umumnya disediakan secara  tidak langsung.
Pemakai tidak dapat mengakses direktori secara langsung meski dalam mode read-only.
Direktori juga menyediakan pemetaan nama file ke file. Informasi terpenting direktori adalahyang berkaitan dengan penyimpanan, termasuk  lokasi penyimpanan dan ukuran file yang disimpan. Pada sistem bersama (shared system), informasi yang terpenting adalah informasimengenai pengendalian akses file. Satu pemakai adalah pemilik file yang dapat memberi wewenang pengaksesan ke pemakai-pemakai lain.
Aturan penamaan direktori mengikuti aturan penamaan file karena direktori merupakan file yang khusus.
Jalur pengaksesan (path name).
Bila sistem file diorganisasikan dengan pohon direktori,maka diperlukan cara menspesifikasikan nama file. Masalah penamaan file diselesaikan dengan penamaan absolut dan penamaan file relatif. Terdapat dua jalur, yaitu :
A.  Nama jalur absolut (absolute pathname).
Nama jalur dari direktori root ke file, selalu dimulai dari direktori root dan akan bernilai unik.
B.   Nama jalur relatif (relative pathname).
Jalur relatif terhadap direktori kerja atau pada saat itu (working atau current  director).  Pemakai dapat menyatakan satu direktori sebagai current directory.  Nama jalur  yang tidak dimulai direktori root berarti relatif terhadap current directory.


9. Mengapa shell bukan bagian dari sistem operasi ?
    Jawab :

Shell Command Interpreter yaitu Program yang menerima masukan berupa perintah kesistem, dan menterjemahkan menjadi aktivitas sistem komputer.
Tidak termasuk sistem operasi karena,shell di dalam kegiatannya tidak menjembantani antara user  dengan hardware. Program ini di dalam
menjalankan perintah mengakses informasi yang tercantum di sistem operasi.


10. Berikan sebuah contoh bagaimana mekanisme dan kebijaksanaan bisa terpisah dengan baik dari
penjadwalan.
Buat sebuah mekanisme yang bisa mengijinkan sebuah parent process untuk mengontrol kebijaksanaan penjadwalan children?
       Jawab :

Mekanisme merupakan penjelasan bagaimana melakukan sesuatu. Sedangkan kebijakan menentukan apa yang akan dilakukan. Dalam melakukan sebuah pemrosesan mekanisme tidak bisa diubah
sedangkan kebijakan dapat diubah agar bila terjadi sesuatu hal dapat diantisipasi.
Kebijakan penting untuk mengatur semua alokasi sumberdaya dan menjadwalkan masalah serta menentukan perlu ] atau tidaknya mengakolasikan sumber daya.
Oleh karena itu antara mekanisme, kebijakan dan penjadwalan harus dipisahkan.
Contohnya adalah  sebuah mekanisme yang bisa mengijinkan sebuah parent process untuk mengontrol kebijaksanaan  penjadwalan children adalah pada sistem operasi UNIX. Sistem operasi ini mempunyai system call  fork yang berfungsi untuk membuat proses baru.
Proses yang memanggil sistem call fork ini akan dibagi menjadi dua, yakni proses induk dan proses turunan yang identik.
Fork ini berfungsi sebagai manajemen proses. Proses ini independen satu sama lain namun memiliki instruksi yang berbeda sama sekali. Jadi pengeksekusian program bisa dilaksanakan terus menerus tanpa harus menunggu sistem child selesai memproses.
Dan bisa juga instruksi program induk mengatur pengeksekusian program anak atau turunan.


11. Model Client-Server terkenal didalam distributed systems.
      Dapatkah juga digunakan dalam sistem komputer  tunggal ?
      Jawab :

Dapat digunakan dalam sistem operasi tunggal, karena sistem terdistribusi adalah sistem yang proses kerjanya membagi tugas proses untuk dijalankan oleh beberapa prosesor yang menjalankan fungsi masing-masing. Dan hal ini dapat dijalankan dalam sistem komputer tunggal.
Contohnya dengan adanya  prosesor dual core yang masing-masing prosesor melakukan fungsi tertentu serte keduanya terhubung oleh jaringan komunikasi data. Dengan menerapkan sistem terdistribusi ini maka akan meningkatkan kecepatan proses, penyediaan data dan peningkatan kehandalan kerja komputer.


12. Mengapa proses tabel membutuhkan sistem timesharing ?
Apakah hal ini juga dibutuhkan dalam system operasi personal komputer yang pada suatu saat hanya terdapat satu proses yang sedang  bekerja dan mengambil alih mesin sampai proses tersebut selesai ?
      Jawab :

Ya, Karena sistem timesharing dapat mengatur penjadwalan pemrosesan data maka kecepatan proses  akan menjadi lebih cepat.
Teknologi sistem timesharing mutlak diperlukan untuk menjadwal pemrosesan data oleh prosesor. Walaupun hanya melakukan satu proses saja untuk dapat mempercepat kinerja pemrosan maka  timesharing diperlukan. Bila prosesor harus langsung mengakses data dari memory permanent  maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk pemrosesan. Bahkan jika pengguna hanya  menggunakan satu program saja pada satu waktu. Sistem operasi perlu digunakan untuk  mendukung program internalnya sendiri, contohnya seperti manajemen memori.
Dengan kata lain, semua aktivitas tersebut adalah harus dilaksanakan dengan sistem timesharing.


13. Apa perbedaan mendasar diantara block special file dan character special file ?
      Jawab :

A.      Block special file Merupakan file special dimana transfer data dilakukan perblock contohnya  adalah file harddisk, cdrom, floppy dan lain-lain yang biasanya merupakan media penyimpanan.
B.       Character special file Merupakan file special dimana transfer data dilakukan  perkarakter.
Contoh filenya adalah keyboard dan mouse.
     

0 komentar:

Posting Komentar